Hubungi KamiKirim saran, komentar dan pertanyaan anda.

Menambah Memori Internal Galaxy Note 2 dan Galaxy S3

Yup, judul yang kamu baca tidak salah. Pada kesempatan ini, Teknovaganza akan berbagi tips untuk memperbesar memori internal Samsung Galaxy S3 dan Samsung Galaxy Note 2 hingga empat kali lipat, yang nantinya memori tersebut dapat digunakan untuk menginstal aplikasi dan game, juga untuk penyimpanan data.

Jika kamu mengikuti instruksi berikut ini dengan seksama, kamu akan mendapatkan peningkatan memori hingga 64GB. Tidak hanya itu, bahkan kamu akan mendapatkan tambahan space sebesar 10GB yang akan berfungsi sebagai memori external, sehingga total jumlah ruang memori yang tersedia lebih dari 70GB.

Metode yang akan dijalankan sangat mudah, cepat dan hemat. Karena dengan metode ini jutaan Rupiah (untuk membeli smartphone baru dengan kapasitas memori lebih) dapat diselamatkan, dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.

Screenshot bukti peningkatan memori

Kalau kamu belum juga memiliki alasan cukup untuk melakukan root smartphone Galaxy, maka perhatikan gambar dibawah ini. Sebelah kiri adalah gambar Galaxy Note II sebelum mod diterapkan, sedangkan sebelah kanan adalah gambar setelah mod diterapkan.

Menambah Memori Internal Galaxy Note 2 dan Galaxy S3 Pictures

 
Ada yang aneh dalam gambar di atas? Benar, memori internal yang mulanya cuma 16GB, sekarang tumbuh empat kali lipat banyaknya. Tapi, bagaimana mungkin ini bisa terjadi?

Stop. Sebelum kamu pergi meninggalkan artikel ini karena ketakutan untuk melakukan rooting pada smartphone Galaxy kamu, biarkan Teknovaganza memberikan sedikit pengertian bahwa: me-root Galaxy S III atau Galaxy Note II kemudian menerapkan mod berikut ini, merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Tak perlu keluar biaya guna menyewa seseorang untuk melakukannya, yang kamu perlukan hanyalah keterampilan membaca dan terus mengikuti tips ini sampai selesai.

Jangan takut

Mengerti bagaimana cara meng-upload foto di Facebook bukan? Dari halaman profil Facebook, klik “unggah foto/video” lalu jendela pop-up keluar, cari file dalam PC kamu, pilih gambar yang kamu suka, dan klik “open”. Anak 13 tahun melakukannya setiap hari.

Me-root Galaxy S3 dan Galaxy Note II menggunakan cara yang tak jauh berbeda dari mengunggah sebuah gambar ke Facebook. Cukup buka sebuah tool yang disebut “Odin”, arahkan pada file yang telah kamu download sebelumnya, klik “go” lalu selesai.

Semua file dan panduan lengkap root Galaxy Note II ada disini, dan untuk Galaxy S III kamu dapat melihatnya disini. Kurang dari lima menit, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan root. Selesai rooting, kamu dapat melanjutkan tips berikut.

Bagaimana mungkin?

Bagaimana bisa memori internal 16GB menjadi 64GB? Ehm, Teknovaganza tidak mengajarkan kamu sulap. Kamu perlu beberapa ratus ribu untuk membeli microSD 64GB, atau jika terlalu mahal pilih kapasitas 32GB. Jika dirasa masih terlalu mahal, dan kamu mau memilih microSD 16GB? Stop, sebaiknya kamu berhenti membaca disini. Karena dengan hanya microSD 16GB, mod berikut akan percuma. Tapi, jika kamu masih ngotot, silahkan saja baca tips ini sampai selesai.

Cara kerjanya, mod akan membuat smartphone Galaxy mengira microSD sebagai internal memory, sedangkan internal memory akan terbaca sebagai external memory. Tujuannya tidak lain supaya lebih banyak aplikasi dan game dapat diinstal. Hal ini perlu, karena Android 4.x tidak dapat menginstal aplikasi dalam memori external.

Mod diciptakan oleh ‘mattiadj’ member dari forum XDA-developer, yang mulanya menciptakan mod ini untuk Samsung Galaxy S III, namun ternyata berjalan pula di Galaxy Note II. Big credits to him for his awesome work.

Pilih microSD yang tepat

Perlu diingat bahwa mod ini layak dijalankan hanya jika kamu telah memiliki microSD minimal 32GB. Teknovaganza merekomendasikan microSD class 10 supaya kinerja yang didapatkan mulus tanpa lag.

Cara menambah memori internal galaxy note 2

Untuk menerapkan mod mattiadj pada Samsung Galaxy Note 2, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Root smartphone kamu
  2. Backup data-data penting (sebagai antisipasi saja)
  3. Buka thread ini di forum XDA (file mod, update dan perkembangannya dibagikan dan dibahas dalam forum tsb)
  4. Download “Perseus kernel” (mod memerlukan kernel ini). Jika ROM yang kamu pakai sudah menjalankan kernel ini, maka tidak perlu melakukan flash terpisah. Namun untuk mengambil langkah aman, Teknovaganza sangat menyarankan untuk melakukan flashing menggunakan Mikes Android Revolution ROM.
  5. Download file extsd2internalsd. Perhatikan file sesuai microSD, pilih mod for fat32 untuk microSD 32GB, dan mod for exfat untuk 64GB.
  6. Reboot dalam mode recovery (matikan handset, tekan tombol volume up + home + power, bersamaan)
  7. Jalankan flash kernel
  8. Flash file extsd2internalsd
  9. Reboot
  10. Nikmati memori internal yang lebih lega.

 
File dalam thread yang telah disebut di atas, juga dapat dijalankan untuk Samsung Galaxy S 3. Tetapi, jika suatu saat dalam update thread, file untuk GS3 tidak ditemukan, kamu dapat mengunjungi thread untuk GS3 disini.

Setelah reboot, kamu akan mendapati memory internal telah mengalami peningkatan kapasitas. Sedangkan memory SD card yang memiliki total space 10.46GB sejatinya adalah memory internal yang sesungguhnya.

Kelemahan (update)

Meskipun mod ini terlihat cukup asik, namun bukan berarti tanpa kelemahan. Kelemahan yang kami temukan diantaranya:

  • Dibandingkan kecepatan memori internal, sdcard eksternal class 10 sekalipun masih terbilang lambat. Oleh karena itu, loading beberapa aplikasi akan sedikit lambat atau terkadang mengalami lag.
  • microSD tidak dapat kamu cabut dari handheld setelah mengaplikasikan mod ini. Karena microSD -yang dulunya adalah memori eksternal- saat ini sudah menjadi bagian dari sistem.
Tags:

Add a Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.