Hubungi KamiKirim saran, komentar dan pertanyaan anda.

Review Xiaomi Mi4, Enak di Kantong Enak di Mata

Sebuah gelombang baru yang dinanti-nantikan akan mengalir segar dari samudera cina dengan membawa produk-produk flagship dari vendor-vendor ternama tanah tiongkok seperti Oppo, Meizu, dan Huawei, seperti itulah smartphone flagship Xiaomi ini ditunggu. Namun yang satu ini begitu diantisipasi dan diramalkan bakal mengguncang pasar smartphone di Indonesia, lantaran desainnya yang indah, spesifikasi yang tangguh, customizable OS, dan semangat harga yang bersaing. Karena itulah review Xiaomi Mi4 ini kami tulis.
Review Xiaomi Mi4, Enak di Kantong Enak di Mata Pictures

Design and build quality

Mi3 yang dirilis setahun lalu, dengan desain tepiannya yang membulat, adalah sebuah kemajuan estetika dari pendahulunya, Mi2. Sedangkan Xiaomi Mi4 yang didesain laksana perpaduan iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4 itu, memiliki keindahan yang jauh lebih baik lagi. Tetapi, kenyataan bahwa desain Mi4 sangat berbeda dengan Mi3 menunjukkan bahwa Xiaomi belum memiliki gaya desain yang menjadi ciri identitasnya yang khas.

Bagian tepi Xiaomi Mi4 tertutupi oleh kerangka logam yang tidak hanya membuat smartphone ini lebih kokoh, namun juga membuatnya tampil lebih cantik. Tombol-tombol di sisi kanan juga berbahan metalik. Tombol power diletakkan di bawah tombol volume rocker, menjadikan tombol ini lebih mudah dijangkau dengan hanya satu tangan. Di sisi kiri, anda dapat menemukan slot SIM-card, colokan headphone berada di sisi atas, dan di sebelah bawah ditempati oleh port microUSB untuk pengisian daya, dan speaker.


Material lain yang mendominasi kulit luar Mi4 adalah plastik glossy, itu membuat smartphone ini sedikit licin dan mudah ternodai tangan. Namun, ukuran bongsor ponsel Mi4 dengan sisi-sisi logamnya yang datar, tetap menjaga smartphone Android ini terasa erat di genggaman. Layar 5 inci memiliki bezel tipis di sisi kanan dan kiri, membuat perangkat flagship ini terlihat langsing dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Tombol kapasitif ada di bawah layar dilengkapi dengan lampu LED yang menyala saat pengisian daya.

Ketika memegang Xiaomi Mi4, anda akan mendapatkan perasaan bahwa perangkat ini cukup kokoh. Desain memang menampilkan gaya yang kurang orisinil, tetapi semuanya masih terlihat baik dan sesuai porsinya.

Display

Xiaomi Mi4 dilengkapi layar IPS full-HD 1080p sebesar 5 inci yang memproduksi kepadatan piksel 441 ppi, sebuah angka yang dapat kita harapkan untuk mampu bersaing dengan produk flagship termutakhir. Warna yang dihasilkan cukup riang dengan kontras yang mampu menampilkan warna hitam pekat, membuat setiap bit yang ditayangkan oleh file media atau bahkan game terlihat sangat baik seperti seharusnya. Viewing angles juga lebar, anda hanya akan kehilangan ketepatan warna di sudut yang sangat ekstrim.

Sunlight legibility telah ditingkatkan pada layar Mi4, inilah yang menjaga performa layar tetap mengagumkan di luar ruangan, bahkan di siang hari yang cerah sekalipun.

Performa

Di balik dapur pacu Xiaomi Mi4, anda akan menemukan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 yang terkunci pada kecepatan 2.5 GHz, kekuatan itu masih di-backup GPU Adreno 330 dan RAM 3 GB. Proses yang dihasilkan, menawarkan anda sebuah kekuatan untuk mengolah komputasi mobile dengan mudah, sebuah paket yang sangat pantas untuk menantang smartphone flagship kompetitor.

Ponsel cina ini menawarkan banyak kesenangan game yang khas, bahkan dalam game yang membutuhkan kerja intensif prosesor, kami tidak melihat adanya lag. Sebuah game yang menurut kami cukup asyik dimainkan di ponsel ini adalah Shadow Fight 2, yang tidak hanya memamerkan kecakapan olah grafis prosesor dan GPU, namun juga memaksa keindahan maksimal layar IPS yang dimiliki Xiaomi Mi4.

Hardware

Ada beberapa masalah ketika membicarakan tentang hardware sebuah produk smartphone untuk pasar Cina yang dijual di luar negara asalnya. Unit yang ada di tangan Teknovaganza ini kami dapatkan dari sebuah toko online AliExpress, dan sayangnya tidak kompetibel dengan jaringan 3G operator selular tanah air, sehingga hanya dapat online di jaringan HSDPA dan GPRS saja. Terus terang, masalah ini sangat mengganggu. Namun, di luar sana juga ada beberapa penjual yang mengaku memiliki Mi4 yang bisa online di jaringan 3G di Indonesia. Pastikan saja unit yang anda beli adalah yang mendukung 3G operator lokal.

Xiaomi Mi4 memberikan dua pilihan kapasitas memori internal, 16 dan 64 GB, tetapi tidak menyediakan slot memori eksternal. Adapun speaker yang teletak di bagian bawah perangkat ini memiliki suara yang keras dan kaya, anda tidak akan merasa perlu mengambil headphone ketika bermain game atau sekedar mendengar musik.

Bicara tentang sumber energi, baterai non-removable dengan kapasitas 3.080mAh cukup besar untuk memberikan daya bagi Mi4 yang yang memiliki layar lebar. Ketika kami mengujinya dengan memainkan video web-streaming (dengan wifi menyala, brightness sekitar 66 persen, dan volume 50 persen), daya tahannya adalah sekitar 6.5 jam.

Kamera Xiaomi Mi4

Xiaomi Mi4 hadir membawa kamera utama 13 MP yang menghadap belakang, sedangkan yang menghadap depan dan berada di atas layar adalah kamera sekunder untuk keperluan selfie dan komunikasi video dengan lensa 8 MP. Kamera selfie Mi4 inilah yang melampaui kamera sekunder smartphone flagship manapun saat ini.

Kamera utama Xiaomi Mi 4 menghasilkan banyak detail, reproduksi warnanya akurat dengan white balance yang tepat. Ketika menggunakan kamera ini di luar ruangan saat malam hari, kami melihat ada sedikit over sharpe di bagian-bagian yang diterangi temaram lampu jalanan, tetapi tidak cukup untuk merusak kesan yang baik.

Sedangkan kamera sekunder Mi4 yang menghadap depan dengan 8 MP adalah sebuah awal yang serius untuk pecinta high-res selfies. Kamera ini mungkin adalah kamera depan terbaik yang pernah kami lihat dimiliki oleh sebuah smartphone, tidak hanya karena resolusinya yang tinggi, namun juga karena reproduksi warna yang sangat bgus dengan detail kontras tinggi.

Shooting video HD 1080p menggunakan kamera Mi4 menghasilkan detail yang tinggi, kontras yang indah, dengan framerate konsisten di 30fps. Sedangkan pengambilan gambar dalam mode video 4K juga cukup bagus meskipun direkam dengan bitrate tinggi, terlihat agak lembut dengan kontras yang tidak sekuat mode 1080p. Warna-warna terlihat konsisten, namun white balance terkadang tidak aktif sehingga perlu pengaturan manual atau sedikit tweak.

Antarmuka MIUI 6

Dibandingkan MIUI 5, MIUI 6 memiliki interface yang lebih sederhana dan flat. Ikon-ikon di homescreen tidak mempunyai efek bayangan, dan ikon Xiaomi sendiri menjadi lebih datar, funky, dan minimalis.

Ketika MIUI 6 untuk pertama kalinya diperkenalkan, beberapa media teknologi mencibirnya sebagai peniru iOS 7. Tetapi fakta sebenarnya tidak demikian, penampilan MIUI saat ini – dengan banyak efek blur dan elemen tembus pandang – sebenarnya sudah ada sebelum Apple merilis iOS 7, sehingga mungkin justeru lebih adil kalau Apple disebut sebagai peniru MIUI dalam beberapa aspek.

Jujur saja, memang ada sedikit aplikasi individu di MIUI 6 yang telah diubah dan terlalu mirip dengan aplikasi di iOS 7, terutama aplikasi kalender dan kalkulator, namun tampilan desain MIUI 6 lebih variatif dengan beberapa menu yang mendapatkan sentuhan warna, sementara beberapa lainnya – seperti bar notification – mendapatkan sedikit efek transparan.

Berikut ini sedikit gambar perbandingan antara MIUI 5 dan MIUI 6, dan coba perhatikan betapa ada kemiripan antara MIUI dengan iOS 7.

Spesifikasi kunci Xiaomi Mi4

Display5-inch IPS LCD, 1920 x 1080 resolution, 441 ppi
Processor2.5 GHz, quad-core Qualcomm Snapdragon 801, Adreno 330
RAM3 GB
Storage16/64 GB, not expandable
Camera13 MP rear camera, 8 MP front camera
ConnectivityWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, IR Blaster
Battery3,080 mAh
OSMIUI OS based on Android 4.4.3 Kitkat
Dimensions139.2 x 68.5 x 8.9 mm, 149 grams

Kesimpulan

Xiaomi adalah sebuah contoh yang baik tentang bagaimana industri mobile di Cina sedang mencoba untuk menunjukkan kepada dunia mengenai apa yang mereka mampu. Dan dalam hal ini, Xiaomi Mi 4 adalah bukti keberhasilan mereka. Mi4 adalah sebuah paket smartphone flagship yang enak di kantong, enak di mata, dan enak digunakan.

Kelebihan Xiaomi Mi4

  • Desain indah berbingkai logam
  • Spesifikasi Flagship masa kini
  • Layar terlihat hidup
  • MIUI 6 adalah salah satu Android custom terbaik
  • Daya baterai di atas rata-rata
  • Kamera depan beresolusi tinggi

Kekurangan Xiaomi Mi4

  • Tidak tersedia slot memori eksternal
Xiaomi Mi4
  • Desain - 8.0/10
    8.0/10
  • Fitur - 8.2/10
    8.2/10
  • Performa - 8.3/10
    8.3/10

Ringkasan review Xiaomi Mi4

Xiaomi Mi4 adalah sebuah paket smartphone flagship yang enak di kantong, enak di mata, dan enak digunakan.

8.2/10
User Rating: 4.5 (2 votes)
Sending

Add a Comment