Review IMO S79 Explorer S, Smartphone Yang Merakyat

Seiring berlalunya zaman, kecanggihan teknologi-pun semakin merakyat. Jika setahun yang lalu smartphone dengan prosesor 1GHz mustahil disematkan dalam handset 700 ribuan, kini prosesor dengan kekuatan tersebut justeru sedang menjangkiti smartphone rakyat yang semakin mewabah, sebut saja salah-satunya IMO S79 Explorer S.

IMO, vendor lokal yang merakit handsetnya di dataran China ini getol berinovasi dengan produk-produk baru yang ramah di dompet. Kali ini, semangat IMO telah mengusik perhatian Teknovaganza untuk menjajal produk smartphone terbarunya S79 Explorer S.

Isi paket penjualan

Paket penjualan termasuk cukup standart, IMO pelit memberikan bonus semisal screenguard ataupun hardcase. Di dalam dus pembungkus hanya terdapat:

  • Kabel microUSB
  • Wall charger
  • Buku panduan singkat
  • Safety & Warranty Guide
  • Handsfree (kualitas lumayan bagus)

Desain dan material

IMO S79 memiliki bentuk yang mungil dengan sudut-sudut ergonomis dan sedikit membulat dibagian atas-bawah body. Bahan metal melilit hampir seluruh pinggiran body menambah kesan dinamis yang manis.

Material plastik solid dengan finishing mengkilat dipilih sebagai bahan utama casing pembungkus bodi. Bahan ini terlihat cukup cantik, terlebih untuk varian warna putih yang sedang kami review. Dengan ketebalan yang cukup, material ini mampu membuat hanset terasa mantap ditangan. Bisa dikatakan, bahan ini merupakan nilai lebih bagi IMO S79 Explorer S dibandingkan kompetitor sekelas yang kebanyakan masih menggunakan material plastik tipis yang terkesan ringkih.

Bagian depan ponsel menampilkan gaya khas smartphone yang didominasi oleh layar sentuh berukuran 3.5 inci. Di atas layar terdapat lubang suara, sensor-sensor dan kamera sekunder berkemampuan bidik 0,3 MP sebagai sarana video call. Sedangkan di bawah layar terdapat tiga tombol sentuh home, menu dan back.

Pada bagian belakang IMO S79 Explorer S, kamu akan menemukan kamera berkemampuan 2 megapiksel yang tertancap tepat di tengah sisi atas bodi. Di bawah kamera, tertulis manis ‘Explorer S’ seakan meninggalkan tanda bahwa handset ini dibangun dengan selera estetika yang baik. Loud speaker ditanamkan di bagian tengah-bawah sisi belakang ponsel bersama logo IMO, yang ditulis dengan ketebalan font yang pas.

Layar

Untuk smartphone murah seharga 700 ribuan, layar sentuh TFT kapasitif yang dimiliki cukup bagus. Layar berukuran 3.5 inci dengan kedalaman resolusi 320 x 480 piksel (HVGA) ini, mampu menampilkan kontras warna yang baik.

Tentu tidak adil, jika membandingkan layar S79 dengan layar milik smartphone mid-end. Namun jika kamu terbiasa dengan layar smartphone lokal entry level, kamu akan terkesima dengan tampilan layar IMO S79 Explorer S yang sejuk di mata.

Prosesor dan memori

Jangan terkejut, jika dapur pacu S79 ditenagai oleh prosesor single-core MTK6575 Cortex-A9 yang mampu melaju dengan speed 1GHz. Sebagaimana Teknovaganza paparkan diatas, prosesor jenis ini sedang mewabah di kalangan smartphone murah. Hasilnya, tentu saja peningkatan performa yang semakin baik.

Melirik bagian memori, tertulis dalam detil spesifikasi IMO S79 Explorer S, RAM 512MB dan ROM 512 MB. Namun dari jumlah tersebut, yang memungkinkan untuk dipakai hanya tersisa kurang dari 70 MB. Pantas saja, kamera tidak bisa digunakan karena kekurangan memori setelah Teknovaganza menginstall cuma sebuah aplikasi Watsapp.

Minimnya sisa memory tersebut merupakan dampak dari banyaknya aplikasi yang diinstall secara default. Unit S79 yang ada di tangan Teknovaganza.com telah memasukkan aplikasi Facebook, Skype dan aplikasi lain yang umumnya tidak terinstall pabrikan. Namun, ketersediaan memori external yang bisa di ekspansi hingga 32GB sedikit mengobati rasa khawatir akan terjadinya krisis space dalam IMO Explorer S.

Konektivitas

Untuk urusan ini, IMO S79 Explorer S termasuk cukup komplit. Smartphone yang mendukung dual-SIM dual-on ini bisa berjalan diatas sinyal HSDPA dengan kecepatan hingga 7.2Mbps, mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, mampu dijadikan hotspot portabel untuk berbagi internet, dan bisa sharing data via Bluetooth yang sudah disertai teknologi A2DP.

Bicara mengenai dual-SIM dual-on, kemampuan ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk ponsel lokal. Namun untuk S79, teknologi 3.5G HSDPA hanya disematkan bagi SIM1 saja. Sedangkan SIM2 hanya berteknologikan EDGE.

Sedangkan akses internet bebas dilakukan menggunakan SIM1, SIM2, WiFi maupun Bluetooth.

Sistem operasi

IMO memilih Android 2.3.6 Gingerbread sebagai program yang mengelola sumber daya S79 Explorer S. Dengan Android versi ini, pemrosesan data mulus tanpa kendala ditangan prosesor MTK6575. Explorer S terasa lebih cekatan dan pintar, hampir semua aplikasi dapat dibuka-tutup tanpa lag berarti. Mungkin Gingerbread adalah pilihan yang paling tepat untuk IMO Explorer S dibanding Android yang lebih baru.

Keutungan lainnya adalah; Android 2.3.6 Gingerbread sudah memiliki kemampuan bawaan app2SD, sehingga pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori external mudah dilakukan tanpa butuh bantuan aplikasi dari luar. Sebuah kemampuan yang sayangnya tidak dimiliki oleh Android 4 Ice Cream Sandwich maupun Jellybean. Dan tentunya kemampuan ini sangat membantu minimnya memori RAM maupun ROM.

Namun Android Gingerbread bukannya tanpa kekurangan, untuk pengguna yang memerlukan font Arab misalnya, tidak akan menemui dukungan dalam OS ini. Karena Android di bawah versi 3, belum secara resmi mendukung bahasa yang aksara penulisannya dari kanan ke kiri. Namun jika kamu ulet, ada cara untuk meng-oprek Gingerbread yang mungkin akan Teknovaganza bagi di lain kesempatan.

Kamera

Beralih pada sektor pengambilan gambar, smartphone ini dibekali dua kamera depan dan belakang yang masing-masing bisa digunakan untuk mengabadikan gambar juga merekam video.

Kamera utama yang berada di bagian belakang, memiliki ketajaman 2.0 megapixel dan cukup untuk keperluan dokumentasi amatir.

Sedangkan kamera bagian depan, dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai kamera untuk video-call. Meskipun kamera sekunder ini bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video, tetapi kamu tidak akan terpuaskan dengan hasil yang diperoleh.

Kesimpulan

Dalam kisaran harga 700 ribuan, IMO S79 Explorer S memiliki keunggulan disisi desain dan material casing. Dibandingkan kompetitor di jangkauan harga serupa, S79 Explorer S (kadang cuma disebut S79 Explorer) lebih memikat dengan material dan desain berestetika unggul.

Namun tidak hadirnya fitur TV analog yang biasa ditemukan pada smartphone lokal, menjadi celah pesaing untuk merebut perhatian konsumen. Yup, hari ini budget 700 ribu sudah dapat menebus smartphone Android 3G yang telah memiliki fitur TV analog.

Kelebihan IMO S79 Explorer S

  • Murah dengan prosesor 1GHz
  • Konektivitas lengkap
  • Desain menawan

Kekurangan IMO S79 Explorer S

  • Memori kecil
  • Tidak ada fitur TV analog
IMO S79 Explorer S
  • Desain - 6.9/10
    6.9/10
  • Fitur - 6.7/10
    6.7/10
  • Performa - 6.5/10
    6.5/10

Summary

IMO S79 Explorer S memiliki keunggulan disisi desain, material casing dan juga konektifitas 3G yang masih jarang dimiliki ponsel Android lokal seharga 700 ribuan.

6.7/10
User Rating: 4.0 (1 votes)
Sending

Add a Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.