Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style

Acer Liquid Z500 merupakan smartphone dengan teknologi layar HD 5 inci, tampak cantik dengan layarnya yang besar namun dalam desain yang tipis. Smartphone Android KitKat ini dilengkapi dengan kamera 8MP yang mampu menangkap semua momen favorit Anda secara rinci dan detail. Ditambah dukungan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB, menjadikan ponsel pintar ini tak hanya menarik di mata, namun juga cekatan untuk bekerja.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures
Bagaimana pengalaman bersama phablet anyar ini, simak review Acer Liquid Z500 dari Teknovaganza berikut ini.

Desain dan Layar

Sebenarnya, desain Acer Liquid Z500 ini cukup menarik. Perpaduan hitam di sisi muka dan warna silver di belakangnya, terasa tampak pas. Liquid Z500 ini sudah dibekali flip cover dalam paket penjualannya. Desain case cukup bagus dan fungsional, melindungi ponsel dalam kondisi tertutup.


Case memiliki view cover untuk menampilkan informasi, seperti jam digital, tanggal, cuaca, dan notifikasi di sisi atas. Saat cover ditutup, pengguna otomatis akan melihat informasi di ponsel. Namun, material casingnya terasa kurang berkelas. Bahan plastik kasar mengurangi sisi elegan ponselnya.

Tombol dan port standar tersedia; volume, power, jack audio 3.5mm, microUSB, plus kamera, flash, dan tombol khusus AcerRAPID. Slot microSD berdampingan dengan dua slot SIMcard (dual SIM). Speaker stereo ditaruh di sisi atas dan bawah layar secara cerdik dan rapi, nyaris tak terlihat.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures
Layar Acer Liquid Z500 terlihat terang dan tajam, dengan warna-warni cemerlang. Meski ukuran font agak kecil, tapi tetap mudah terbaca karena ketajaman layarnya. Respon layar juga bagus terhadap sentuhan jari ke segala arah, termasuk untuk touch focus kamera.

Antarmuka dan Aplikasi

Acer Liquid Z500 tidak menyediakan tombol home, baik fisik maupun haptik. Sebagai gantinya, layar 5 inci Z500 ditemani tiga buah softkey, menu, home, dan back. Di belakang, Acer menempatkan tombol AcerRAPID untuk akses cepat ke aplikasi tertentu. Tombol ini sangat berguna jika memiliki satu aplikasi favorit yang sering digunakan. Dengan AcerRAPID, cukup sekali tekan maka akan langsung masuk ke aplikasi tersebut.

Secara default, tombol AcerRAPID bisa dipakai untuk mengakses musik dengan menekan cepat, termasuk melakukan fungsi Pause dan Play. Dengan menekan lama, tombol AcerRAPID akan mengaktifkan kamera.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures
Seperti ponsel Acer lain, saat masuk ke menu utama ada banyak aplikasi bawaan Acer. Ada abDocs, abFiles, abMusic, abPhoto, abVideo, Acer EXTEND, Acer Portal, Acer SnapNote, Acer Home, Acer Liquid, Live Updater, AcerNidus, dan AcerWall paper.

Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut harus punya akun AcerID lebih dahulu. Keuntungannya adalah sinkronisasi dokumen di mana saja lewat internet, dan keamanan dokumen lebih terjamin. abDocs misalnya, mendukung tiga dokumen utama Office. Dokumen bisa diedit dan disimpan lewat PC atau ponsel, dan sebaliknya. Juga ada Acer EXTEND untuk mengontrol ponsel dari laptop, lewat kabel USB atau WiFi. Aplikasi lain yang berguna adalah Polaris Office (aplikasi dokumen Office), dan BeeTalk (chating).

Acer juga menyediakan Easy Mode yang terdiri dari Basic Mode, Senior Mode, Keypad Mode, Classic Mode, dan Default Mode. Dengan mengaktifkan salah satunya, tampilan UI berubah menjadi lebih minimalis.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures

Music

Musik diputar lewat abMusic atau Play Music. Pengaturan musik bisa dilakukan di luar pemutar musik, di bagian Setting > DTS-HD Premium Sound. Ada pengaturan nada Treble dan Bass skala 1 – 7, plus 6 pilihan equaliser musik dan 4 pilihan equaliser video.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures
Lewat speaker, suara terdengar jernih dengan nada tengah lebih dominan, dan terbilang cukup keras. Namun efek stereo dari speakernya kurang terasa. Speaker ditaruh di depan tepat di atas dan bawah layar, jadi suaranya tak teredam.
Flip case juga berlubang di atas dua speakernya, tak tergganggu saat tertutup.

Earphone bawaan memberi output suara stereo yang bagus dan jernih. Namun nada bass terasa kurang mantap, dengan dominasi nada tengah. Dengan headset lain, nada bass cukup ‘nendang’ bisa didengar. Radio FM sebagai alternatif hiburan terasa memuaskan, sensitif dan jernih, dengan suara stereo yang kuat. Siaran radio juga bisa direkam di microSD.

Kamera

Antarmuka kamera Acer Liquid Z500 ini sama dengan kamera ponsel Acer sebelumnya. Resolusinya antara 2 sampai 8 MP, dengan aspek ratio 4:3 atau 16:9. Ada pilihan ISO hingga 1600 yang cocok untuk tempat redup. Untuk membantu pemotretan, ada fitur pembantu seperti Touch to Capture, Posture Detection, Grid, dan Continuous Shutter.
Review Acer Liquid Z500, Ketika Power Bersua Style Pictures
Bila terasa kurang, varian fitur favorit pun bisa dijajal. Seperti HDR, Panorama, Beautification, Best Shot, Bright Magic, Smile Shutter, Multi-angle View, Presentation, Live Photo, ditambah lagi lima pilihan scene dan 6 efek warna. Untuk perekaman video, ada video stabilizer, pilihan resolusi Full HD. Untuk memotret, bisa dipakai tombol Acer RAPID atau menyentuh langsung di layar (touch to capture).

Hasil foto di luar ruang terbilang lumayan, namun ketajamannya agak kurang dengan warna agak pucat, dan pinggiran objek yang mirip lukisan cat air. Di dalam ruang, warna foto terekam terang dengan noise rendah, dan ketajaman lebih menurun lagi. Catatan Teknovaganza, ponsel harus dipegang benar-benar stabil, karena foto mudah goyang dan kabur.

Rekaman video juga senada hasilnya, cenderung berwarna agak pucat dan kurang tajam. Kamera juga sulit mengelola cahaya backlight, sehingga objek malah tampil kurang jelas karena berlebih cahaya di sekelilingnya.

Kinerja

Bicara soal kinerja Acer Liquid Z500, bekal prosesor MTK quad core 1,3 Ghz dan RAM 2 GB membuat kinerjanya gesit dan lancar. Instalasi banyak game dan aplikasi juga lancar, dan tak terlalu memengaruhi kinerjanya.

Berpindah-pindah aplikasi yang dibuka bersamaan, berjalan lancar. Browsing juga nyaman tanpa lag dengan banyak situs sekaligus. Begitu pula saat memainkan game 3D, berjalan mulus. Hanya proses loading game yang agak lama.

Didukung respon layar yang gesit, menjelajahi beragam fitur Acer Liquid Z500 terasa menyenangkan. Koneksi lewat kabel microUSB berjalan lancar, ponsel langsung dikenali dan proses transfer file mudah dilakukan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Acer Liquid Z500 adalah smartphone yang handal. Ponsel Android KitKat ini tidak dibanderol mahal, hanya sekitar Rp. 2.1 jutaan, namun memberi Anda spesifikasi mumpuni yang dapat Anda harapkan dari sebuah handset kelas mid-range.

Namun tentu, tidak ada smartphone tanpa kelemahan, Acer Liquid Z500 juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Review LG G Pad 8.0 LTE, Siap Songsong Internet Cepat

Kelebihan Acer Liquid Z500

  • Audio nendang
  • Desain ringan dan bagus
  • Kinerja gegas
  • Harga bersaing

Kekurangan Acer Liquid Z500

  • Cover case kasar
  • Kamera kurang optimal
Acer Liquid Z500
  • Desain - 7.9/10
    7.9/10
  • Fitur - 8.1/10
    8.1/10
  • Performa - 8.4/10
    8.4/10

Ringkasan review Acer Liquid Z500

Kinerja Acer Liquid Z500 cukup gesit dan layarnya pun tajam, membuatnya cukup menarik. Namun, kamera Acer Liquid Z500 kurang optimal.

8.1/10
User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending

Add a Comment