Acer Liquid X1, Tampil Cantik Dengan Bodi Bongsor

Tahun lalu, tepatnya bulan September 2014, Acer meluncurkan varian Liquid X1. Varian X dalam ranah Liquid saat ini baru ada satu. Sebelumnya, Acer hanya meluncurkan varian Liquid tipe C, E, Jade, M, S, dan Z. Penasaran bukan dengan fitur dan kinerja yang terdapat dalam perangkatnya? Langsung saja simak review Acer Liquid X1 berikut.
review Acer Liquid X1

Desain dan Layar

Kali ini handset yang sedang berada di genggaman Kami ialah Acer Liquid X1. Varian warnanya yaitu Graphite Black. Pertama kali Kami melihatnya, bodi bongsor menjadi identitas. Dimensinya sebesar 153, 3 x 80,4 x 8,5 mm. Bobotnya
cukup ringan. Hanya seberat 164 gram saja. Lumayanlah untuk ponsel ukuran raksasa.
Liquid_X1_WOW
Lekukan body yang ditawarkan Acer Liquid X1 terlihat samar. Setiap sudutnya tidak berbentuk siku. Sehingga tidak terlihat kaku dan dinamis. Bagian belakang perangkat ini mengenakan bahan polikarbonat. Membuat smartphone ini keset dan tidak licin saat digenggam. Terdapat dua warna pada varian ini, yakni Graphite Black dan Wine Red.

Ukuran layar Acer Liquid X1 sebesar 5,7 inch. Sangat besar bukan untuk kategori smartphone? Saat Kami mencoba menggenggam dengan satu tangan. Handset ini agak sulit. Apa lagi saat memasukkannya ke dalam kantung celana. Terasa susah dan sempit.

Teknologi layar yang dipakai Acer Liquid X1 masih IPS LCD. Tampilan warna yang dihasilkan cukup terlihat cerah dan terang. Menurut Kami, resolusi layar smartphone ini masih standar. Resolusi layarnya hanya sebesar 1280 x 720 pixels dengan kerapatan pixels sebesar 258 ppi. Untuk proteksi, Acer Liquid X1 telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelapis.

Kami menguji sensitivitas pada Acer Liquid X1. Hasil yang didapatkan sangat mulus saat Kami berpindah dari tab satu ke tab yang lain. Kami pun juga menguji auto rotation pada smartphone ini. Auto rotation berjalan cukup lancar dan responsif.

Untuk mengakses tombol volume, terdapat di bagian kanan perangkat Tombol dayanya berada di bawah tombol volume. Slot micro-USB terdapat di atas tombol volume. Bagian kiri dan bawah perangkat tidak disematkan apa-apa. Jack 3.5 mm barada di bagian atas perangkat.

Pada bagian muka terdapat tombol home, back, recent, earpiece, LED notification, dan kamera sekunder 2 MP. Tombol musik atau kamera, kamera primer 13 MP, dan LED flash menghiasi bagian belakangnya. Tulisan DTS HD disisipkan pada bagian punggungnya.

Sangat disayangkan. Sidik jari Kami tidak dapat langsung hilang di layar maupun di bagian punggung Acer Liquid X1. Imbasnya, ponsel jadi mudah dekil bila tidak sering di lap dengan kain pembersih.

Kinerja

Acer Liquid X1 menyematkan prosesor octa-core ARM Cortex-A7 1,7 GHz. Pengguna smartphone ini tidak usah khawatir dengan kinerja dari prosesor ini. Prosesor tersebut berkolaborasi dengan chipset besutan Taiwan, yakni MediaTek MT6592. Walaupun MediaTek dikenal sebagai chipset murah, namun memiliki kemampuan yang baik.

Saat Kami membuka banyak aplikasi, menonton video, mendengarkan lagu, browsing internet bahkan bermain game, semua berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Ini semua dapat terjadi melalui dukungan prosesor dan chipset yang disandingkan secara baik dalam Acer Liquid X1.

Kami pun mencoba memainkan game yang cukup berat pada Acer Liquid X1. Game tersebut yaitu Truck Driver 3D Offroad dan Modem Sniper. Hasil yang didapatkan sangat baik. Tidak terjadi hambatan atau lag sedikit pun. Padahal Kami memainkan dua game tersebut dalam waktu bersamaan.

Untuk masalah sistem operasi, Acer Liquid X1 mengadopsi OS Android v4.4.2 KitKat RAM-nya sebesar 2 GB. Kapasitas penyimpanan internal yang disuguhkan sebesar 16 GB. Jika masih merasa kurang, terdapat slot microSD yang dapat menampung data hingga 32 GB. Cukup besar bukan kapasitas memori eksternalnya?

Konektivitas yang diberikan oleh Acer Liquid X1 sudah 4G LTE. Nikmati pengalaman berselancar di dunia maya dengan lancar dan cepat Tidak lupa adanya koneksi Wi-Fi untuk berkoneksi internet tanpa batas dan Bluetooth v4.0 agar pengguna mempermudah dalam pengiriman data.

Kami mencoba aplikasi bawaan yang disediakan Acer Liquid X1. Seperti Acer SnapNote untuk menyimpan gambar saat presentasi. Hasil akhirnya dapat diekspor menjadi file gambar atau file PDF. AcerEXTEND berfungsi mencerminkan layar smartphone pada layar komputer. Acer Portal sebagai cloud storage milik Acer sendiri. Di dalamnya terdapat abDocs, abFiles, abMusic, abPhoto, dan abVideo. Dan Acer Backup untuk meng-backup data.
Liquid_X1_control
Tidak lupa Kami mencoba fitur yang disematkan Acer pada Acer Liquid X1. Fitur pertama adalah Acer ZoomFit. Fitur ini membuat tampilan layar menjadi 4 inch. Sehingga pengguna dapat mengoperasikan cukup dengan satu tangan. Fitur kedua ialah AcerRapid. Dengan ini pengguna dapat membuka kunci layar, mengambil gambar, dan jalan pintas menuju Music Player. Fitur terakhir adalah AcerFloat Fitur ini dapat membuka banyak aplikasi, tanpa keluar dari program aplikasi yang sedang berjalan.

Kapasitas baterai yang diusung Acer Liquid X1 cukup besar. Namun, saat Kami mencoba menjalankan game Truck Driver 3D Offroad dan Modern Sniper secara bersamaan selama satu jam. Punggung smartphone ini menghasilkan panas yang berlebih. Baterainya langsung terkuras 50%.

Hal lainnya, saat Kami mencoba menggunakan Acer Liquid X1 hingga pemakaian baterai 5%. Bagian belakang perangkat ini menghasilkan panas yang tidak wajar. Sepertinya hal ini patut diperhitungkan bagi calon konsumen Acer Liquid X1.

Selain itu, Acer Liquid X1 hanya menyediakan single-SIM card. Padahal saat ini sudah banyak bertebaran smartphone dual-SIM card dengan harga terjangkau. Menurut Kami akan lebih kompetitif bila menganut pola dua kartu.

Kamera

Berpindah ke segi kamera, Acer Liquid X1 mengadopsi dua buah kamera. Kamera primernya berkekuatan 13 MP dengan resolusi 4160 x 3120 pixels. Tidak lupa dilengkapi fitur AF dan LED flash sebagai cahaya tambahan. Bukaan diafragmanya sebesar f/1,8.

Kami mencoba mengambil gambar outdoor melalui kamera primer pada siang hari. Hasil gambar yang didapat bagus. Gambar tajam dan warna terlihat cerah. Autofocus bekerja dengan cepat. Gambar makro yang diambil juga terlihat bagus.
Liquid_X1_cam
Tak berhenti di situ, Kami pun mencoba mengabadikan gambar melalui kamera primer pada malam hari. Hasil yang didapat cukup bagus. Ini berkat fitur Noise Reduction dan Mode Night Sehingga gambar yang dihasilkan cukup bagus saat kekurangan cahaya. Fitur Noise Reduction bekerja untuk meminimalisir grain atau noise pada malam hari.

Namun sayang, kamera sekunder yang yang disematkan Acer Liquid X1 hanya berkekuatan 2 MP. Walaupun cukup untuk ber-selfie ria, namun hasil yang didapat terasa kurang memuaskan.

Fitur kamera yang terdapat pada Acer Liquid X1 cukup banyak. Seperti normal, HDR, panorama, beautification, best Doctor shot, bright magic, smile shutter, AEB, picture with sound, free focus, multi angle view, presentation, motion track, live photo, dan gourmet.

Pengguna dapat mengatur resolusi gambar pada menu Settings. Selain itu, pengguna dapat mengatur ISO sesuka hati. ISO tertinggi sebesar 1600. Untuk perekaman videonya beresolusi 720p@30fps. Gunakan fitur video stabilizer agar meminimalisir getaran yang terjadi saat merekam video.

Multimedia

Jangan khawatir dengan multimedia yang dimiliki Acer Liquid X1. Handset ini mengenakan GPU Mali-450MP4. Tampilan yang dihasilkan dari grafis ini cukup baik, jernih, tajam, dan halus.

Saat Kami memainkan game Truck Driver 3D Offroad dan Modern Sniper tampilan yang dihasilkan cukup memanjakan mata. Backgroud terlihat nyata dan jernih saat memainkan Truck Driver 3D Offroad. Percikan darah saat memainkan Modern Sniper terlihat detilnya. Ditambah adanya RAM sebesar 2 GB, mengoptimalkan kinerja Acer Liquid X1 saat bermain game.

Kualitas suara yang dihasilkan Acer Liquid X1 sangat memukau. Speakernya merupakan teknologi dari DTS Sound. Kami mencoba menyetel lagu Maroon Five – Payphone. Suara yang disemburkan melalui speaker ini sangat menggelegar. Dentuman bass-nya terdengar bulat. Suaranya jernih, tidak pecah, dan powerful, termasuk saat Kami menyetel dalam volume tertinggi.

Apa lagi saat Kami mencobanya dengan headset. Suara yang dihasilkan jauh lebih merdu. Dentuman bass-nya terdengar lebih bulat. Pengalaman bermusik pun lebih mendalam dengan adanya teknologi dari DTS Sound.

Daya Saing

Lawan terberat dari Acer Liquid X1 adalah Asus Zenfone 2 RAM 4 GB Storage 32 GB. Harga terbaru dari Asus Zenfone 2 sebesar Rp3.999.000. Varian ini baru rilis di Indonesia pada bulan Mei 2015.

Sama-sama menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. Dimensi lebih kecil. Bobot sedikit lebih berat. Menyematkan dual-SIM card. Kerapatan pixel jauh lebih tinggi dan resolusi layar lebih tinggi. Sama-sama mengenakan Corning Gorilla Glass 3.

Selain itu, OS Android sudah v5.0 Lollipop. Prosesor masih quad-core. RAM lebih besar. Terdapat tiga varian kapasitas memori internal (16, 32, 64), kapasitas penyimpanan eksternal lebih besar. Kamera sekunder pixelnya lebih tinggi. Kapasitas baterainya lebih besar. Varian warnanya banyak.

Acer Liquid X1 memiliki bobot yang lebih ringan. Mengusung layar lebih lebar. Prosesor sudah octa-core ARM Cortex-A71,7 GHz. Terbukti bahwa Acer Liquid X1 mampu bersaing dengan Asus Zenfone 2 dan smartphone lainnya. Layar yang sangat lebar merupakan keandalan perangkat ini.

Kesimpulan

Acer Liquid X1 mampu bersaing dengan smartphone lainnya. Layar yang sangat lebar merupakan poin plus dari perangkat ini. Konektivitas 4G yang dihadirkan juga sudah mumpuni.

Kelebihan Acer Liquid X1

  • Adopsi layar lebar
  • Konektivitas 4G LTE
  • Kamera mantap

Kekurangan Acer Liquid X1

  • Harga cukup mahal
  • Handset panas saat bermain game
  • Kamera sekundernya ber-pixels kecil
Tekno Meter
  • Desain
  • Fitur
  • Performa

Ringkasan review Acer Liquid X1

Daya tarik utama Acer Liquid X1 adalah layar yang super besar untuk ukuran ponsel serta konektivitas internet yang sudah mendukung 4G LTE.

4.6
User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending