Acer Liquid M220, Windows Phone 800 Ribuan

Pada titik tertentu, sebuah pengorbanan fitur menjadi konsesi yang mudah diterima demi harga yang dipangkas murah. Sepertinya ini menjadi filosofi Acer ketika menawarkan smartphone berbasis OS Windows Phone pertama mereka, Acer Liquid M220.
review Acer Liquid M220
Dengan banderol Rp. 800.000,- saja, jelas sekali bahwa ponsel ini menyasar pengguna di negara berkembang. Karena harga yang murah itu, Anda mungkin akan memandang remeh kemampuan ponsel Windows ini. Namun sebenarnya, terdapat banyak fitur solid yang layak Anda pertimbangkan. Seperti apakah itu? Simak terus review Acer Liquid M220 berikut ini.

Desain

Layar 4 inch mungkin terasa sempit dipelototi jika sudah biasa memakai smartphone layar lebar. Layarnya sendiri mampu tampilkan warna secara alami, dan responsif terhadap sentuhan. Ada pengaturan brightness otomatis yang bisa menyesuaikan kecerahan dengan kondisi sekitar.

Berdimensi mungil dan ringan, Acer Liquid M220 memang terasa nyaman ditenteng. Penampilannya pun menarik, dengan tekstur garis saling silang pada bodi belakang dan tekstur gerigi pada lis yang mengelilingi bodi. Tekstur itu membuat permukaan case tak terasa licin.

Kabarnya, hanya warna hitam yang dijual di Indonesia. Di global sendiri sebetulnya ada pula warna putih. Warna tersebut solid, dengan lis warna perak.

Casing mudah dibuka dengan mengungkit ceruk di bawah bodi. Di dalam, kita akan melihat baterai 1300 mAh mengganjal slot microSD, slot mini SIM, dan slot micro SIM.

Kinerja

Tak tampak modifikasi pada Windows Phone 8.1 yang diusung Acer Liquid M220. Ini yang memang membuatnya jadi murah dan simpel.
daleman-Acer-Liquid-m220
Kabarnya seri ini tetap dapat update ke Windows 10 yang segera dikeluarkan Microsoft. Namun untuk pastinya, memang harus menunggu sampai pengumuman peluncuran resmi Windows 10.

Sementara itu, berbagai layanan standar Windows Phone 8.1 tentu saja bisa ditemukan di sini, dari Skype, Office, sampai OneDrive.

Hanya, Kami tak melihat bonus, semacam gratis kapasitas ekstra untuk OneDrive atau tarif khusus untuk Skype seperti pada kompetitornya. Dan saat Kami menulis artikel ini, perwakilan Acer sendiri belum bisa memastikannya.

Begitu pun soal aplikasi khas Acer, atau pra-install aplikasi pihak ketiga, perwakilan Acer belum bisa memastikannya. Di jajaran aplikasinya sendiri. Kami hanya melihat kehadiran Adobe Reader dan Facebook yang memang bekerja sama dengan Microsoft. Tapi tak perlu khawatir, kita tetap bisa cari dan instali sendiri aplikasi favorit dari Store.

Acer Liquid M220 berbekal prosesor 1.2 GHz Oualcomm Snapdragon 200 dan RAM 512 MB. Kadang terasa sedikit tersendat ketika main game atau nonton video, namun secara keseluruhan pengoperasiannya terbilang lancar.

Memori internal 4 GB berbagi pakai dengan sistem operasi. Namun ada slot microSD, dan tentunya OneDrive yang lumayan untuk menambah storage.

Baterai terbilang awet, mampu bertahan rataan 9 jam dalam kondisi sejumlah grup chat ramai, sering cek media sosial, sesekali main game, dan sesekali motret Dengan catatan, Battery Saver juga diaktifkan.

Dukung dual SIM, kita bisa meneruskan panggilan antar kartu SIM. Tapi ini tergantung operator yang digunakan, dan bisa jadi ada biaya tambahan. Video call di-default ke Skype. Dan bisa diganti dengan aplikasi lain bila diperlukan.

Multimedia

Pada bodi tak tampak lubang speaker. Namun suara yang dipancarkan speaker tetap terdengar nyaring dan jernih. Perbedaan warna nada pun terasa, meski tak tampak pengaturan equalizer di Liquid M220.

Ada FM Radio, yang seperti biasa mengharuskan earphone tercolok supaya aktif. Tak ada pengaturan khususnya. Sementara untuk player musik ada Music, serta Xbox Music dan Podcasts. Kalau suka MixRadio, bisa di-install sendiri dari Store. Videos tampaknya hanya bisa baca format video 720p.

Kamera

Spesifikasi kamera utama 5 MP autofocus dan kamera depan 2 MP tergolong keren untuk smartphone yang harganya kurang dari sejuta. Malah kamera utamanya berlensa wide-angle 89 derajat.

Untuk aplikasinya, Liquid M220 mengandalkan Microsoft Camera dengan standar moda Camera dan Video. Pengaturan default-nya sendiri minim.

Nah, karena masih mengandalkan Microsoft Camera, filter lensanya terbatas. Tak seperti seri Lumia yang sudah mengimbuh banyak filter, selain modifikasi lewat Lumia Camera. Makanya perlu sedikit membiasakan diri mengoperasikan kameranya agar bisa dapatkan foto (dan video) yang tajam dan terang.

Dan perlu kerja cukup keras untuk dapatkan foto yang lumayan pada kondisi minim cahaya. Meski ada flash, tampaknya tetap tak maksimal membantu. Kadang malah jadi overexposed. Namun secara keseluruhan, hasil foto dan video Acer Liquid M220 tetap layak diapresiasi.

Daya Saing

Di pasaran, smartphone ber-Windows Phone boleh dikatakan identik dengan Lumia buatan Microsoft. Padahal ada pabrikan lain yang juga memroduksinya; salah satunya adalah Acer.

Nah, akhir Juni 2015 rupanya Acer bakal menjual Liquid M220, smartphone Windows Phone-nya, di Indonesia. Taruhan yang cukup besar, menurut Kami; mengingat brand image Liquid + Acer belum semapan Lumia + Microsoft, ditambah Windows Phone bukanlah sistem operasi terpopuler di sini.

Dengan harga kurang dari 900 ribu, Liquid M220 memang berpeluang menyaingi segmen bawah seri Lumia di kelas sesama smartphone Windows Phone.

Namun di pasar, pastinya Acer Liquid M220 tetap harus berhadapan dengan feature phone; maupun smartphone ber-Android. Dengan menambah seratus-dua ratus ribu, dapat smartphone Android yang juga versi terbaru. Misalnya seri Android One.

Kesimpulan

Selama Anda tidak mengingat-ingat harga sebenarnya Acer Liquid M220, Windows Phone 800 ribuan ini terasa pantas terpamerkan dalam tentengan genggaman Anda. Desainnya lumayan apik, dan OS Windows Phone yang diusung adalah versi terupdate. Hampir sama dengan seri Lumia yang jauh lebih mahal.

Baca juga: Review Microsoft Lumia 640 LTE, 4G Hebat Harga Hemat

Kelebihan Acer Liquid M220

  • OS versi termutakhir
  • Harga terasa ringan di kantong

Kekurangan Acer Liquid M220

  • Kamera hanya 2MP
Tekno Meter
  • Desain
  • Fitur
  • Performa

Ringkasan Acer Liquid M220

Acer Liquid M220 menawarkan harga termurah untuk smartphone ber-Windows Phone saat ini. Pas untuk pengguna pemula maupun yang ingin mencicipi Windows Phone tanpa menguras dompet.

4.7
User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending