Samsung Galaxy Note 5 vs HTC One M9+, Harga Sama Tapi..

HTC belakangan ini memang agak jarang meluncurkan smartphone. Seolah ingin membuktikan bahwa mereka masih bermain di segmen ini, dihadirkanlah smartphone premium teranyar melalui HTC One M9+. Smartphone ini bisa menjadi jawaban bagi mereka yang penasaran akan sepak terjang HTC yang agak meredup belakangan ini. Hadirnya HTC One M9+ bisa menjadi jawaban atas persaingan smartphone premium mereka guna menantang kompetitor, salah satu-nya yaitu Samsung Galaxy Note 5.
Samsung Galaxy Note 5 vs HTC One M9+
Kedua smartphone ini sama-sama ditujukan bagi segmen atas yang butuh perangkat pendukung bagi kebutuhan bisnis, keseharian, serta gaya hidup. Dengan kisaran harga resmi yang sama, yaitu Rp9.999.000, keduanya memang ditujukan bagi kebutuhan yang lebih kompleks. Bagaimana masing- masing keunggulannya? Berikut head to head Samsung Galaxy Note 5 vs HTC One M9+.

Adu Spesifikasi

SpesifikasiGalaxy Note 5One M9+
JaringanSingle SIM, nano SIMSingle SIM, nano SIM
Dimensi dan Bobot153,2 x 76,1 x 7,6 mm/171 gram151 x 72x9,6 mni/168 gram
BateraiLithium polymer 3000 mAhLithium polymer 2840 mAh
Display5.7 inci, Super AMOLED 1440 x 2560 pixels ©518 ppi5,2 inci, Super LCD3 1440 x 2560 pixels @565 ppi
OSAndroid 5.1.1 LollipopAndroid 5.0.2 Lollipop
ProsesorExynos 7420 Octa-core (Quad-core 1,5 GHz Cortex- A53 dan Quad-core 2,1GHz-Cortex-A57)Mediatek MT6795T Helio X100 Octa-core 2,2 GHz
Kamera dan Video16 MP (belakang), 5 MP (depan)20,1 MP + 2,1 MP (belakang), 4 MP (depan)
Koneksi NirkabelWi-Fi (802.11 a/b/g/n/ac). Bluetooth 4.2, A2DP, Wi-Fi Direct, N FCWi-Fi (802.11 b/g/n), Bluetooth 4.1,A2DP
Koneksi KabelJack audio 3,5 mm, micro-USBJack audio 3,5 mm, micro-USB
Memori InternalRAM 4 GB, ROM 32/64 GBRAM 3 GB. ROM 32 GB
Memori EksternalTidak adaMicroSD, up to 128 GB
MessagingSMS, MMS, Email, Push Mail, IMSMS, MMS, Email, IM
Lain-lainA-GPS, GLONASSA-GPS
Paket penjualanCharger, kabel micro USB. manual, earphoneCharger, kabel micro USB. manual, earphone

Desain dan layar

Sebagai smartphone premium, keduanya dirancang dengan tampilan memesona. Samsung Galaxy Note 5 menggunakan material logam pada seluruh fisiknya yang menggunakan desain unibody. Desain ini membuatnya kokoh dan tetap nyaman digenggam satu tangan. Sedangkan HTC One M9+ masih menggunakan desain khas mereka yang tidak meninggalkan kesan elegan dan mewah. Menggunakan material aluminium pada beberapa bagian, bagian belakangnya dibuat agak melengkung sehingga terkesan sedikit ‘gemuk’. Tampilan tersebut tentu saja menjadi salah satu daya tarik bagi segmen high-end yang tidak hanya mementingkan fungsi tetapi juga gaya.

Yang menjadi pembeda, Samsung Galaxy Note 5 menggunakan Stylus dengan nama S-Pen. S-Pen merupakan alat yang memudahkan untuk mencoret-coret di mana sangat membantu dalam hal kenyamanan, terutama bagi penggunaan bisnis. Samsung Galaxy Note 5 dilengkapi dengan Stylus bagi kebutuhan pebisnis agar lebih fleksibel.

Sebagai smartphone bagi pebisnis, keamanan juga menjadi salah satu fitur penting yang mesti disematkan. Dan kedua smartphone ini sama-sama telah menggunakan fitur Fingerprint atau sensor sidik jari. Keduanya memanfaatkan tombol fisik Home untuk mengaktifkannya.

Samsung Galaxy Note 5 menggunakan layar Super AMOLED berukuran 5,7 inch sedangkan HTC One M9+ berukuran 5,2 inch menggunakan layar dengan material Super LCD3. Meski dimensinya berbeda, sebenarnya layar keduanya memiliki ukuran yang sama. Saat Teknovaganza bandingkan secara langsung, ukurannya sama persis. Hanya saja Samsung memaksimalkan ukuran layar tersebut secara penuh. Berbeda dengan HTC di mana layarnya sebagian sudah terpakai oleh bezel hitam di seluruh sisinya. Bahkan pada area bagian bawah, bezel-nya berukuran besar sudah terpakai oleh logo HTC.

Saat dilihat dari sudut kemiringan tertentu, layar Samsung terlihat berubah warna seperti pelangi. Hal ini kerap Teknovaganza jumpai pada layar Samsung seri lain yang menggunakan layar jenis Super AMOLED. Sedangkan layar pada HTC tampil konsisten di mana mampu menampilkan gambar tajam dan warna yang stabil meski dari posisi apapun.

Menilai ukuran kedua layar yang sedikit berbeda, juga dari sisi ketajaman gambar, secara spesifikasi HTC One M9+ unggul dengan kerapatan layar 565 ppi, sedangkan Samsung memiliki kerapatan 518 ppi kedua layar tersebut cukup nyaman saat digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama konten multimedia definisi tinggi yang ditampilkan dengan cukup tajam.

Teknovaganza memaksimalkan tingkat kecerahan dua smartphone ini dan hasilnya Samsung Galaxy Note 5 terlihat paling terang. Di satu sisi hal ini membuatnya lebih jelas terlihat saat kondisi gelap maupun di bahwa terik matahari. Namun keunggulan layar pada HTC One M9+ terletak pada tingkat kecerahannya yang lebih redup sehingga lebih adem dan nyaman di mata.

Yang agak disayangkan, HTC One M9+ hanya mendukung dua titik sentuh saja di mana Samsung Galaxy Note 5 mendukung hingga 10 titik sentuhan yang membuatnya lebih fleksibel dalam menjalankan berbagai ragam aplikasi. Dan untuk urusan sensor, Samsung juga sedikit unggul dibanding HTC. Samsung memiliki 10 sensor, sedangkan HTC memiliki 9 sensor.

Kinerja

Berbasis CPU quad-core dengan chipset berbeda, kedua smartphone ini menggunakan spesifikasi yang cukup tangguh dalam menjalankan aplikasi modern. Hanya saja, Samsung Galaxy Note 5 menggunakan spesifikasi yang lebih unggul. Untuk chipset CPU Exynos besutan Samsung memang selalu menjadi andalan bagi smartphone kelas premium mereka, dan HTC sendiri menggunakan chip Mediatek Helio X100 octa-core. Yang membedakannya lagi adalah kapasitas RAM di mana HTC ‘hanya’ menggunakan kapasitas 3 GB sedangkan Samsung 4 GB. Dengan perbedaan tersebut, terlihat hasil skor pengujian menunjukkan selisih yang lumayan jauh pada aplikasi berbasis prosesor.
kinerja_Galaxy-Note-5-vs-HTC-One-M9+
Sama-sama mengusung desain unibody, maka suhu panas menjadi salah satu kendala yang mesti dihadapi. Untuk membuktikannya Kami melakukan aktivitas seperti streaming YouTube, serta menjalankan benchmarking dalam kondisi kabel USB terpasang ke listrik. Setelah beberapa lama terlihat bahwa HTC One M9+ menghasilkan suhu yang lebih panas dibanding Samsung, meski suhu tersebut masih dimaklumi dan dalam batas wajar.

Dari sisi baterai, Samsung Galaxy Note 5 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar. Manajemen daya yang digunakannya juga terlihat lebih efektif dan efisien. Dalam urusan penghematan baterai, keduanya sama-sama memiliki opsi untuk beralih ke mode power saver dan extrem/ultra power saver. Namun terlihat bahwa baterai Samsung mengalami peningkatan yang lebih baik dibanding HTC.

Meski berlayar besar, baterai Samsung mampu mencapai hasil pengujian hingga 5 jam 53 menit saat menggunakan aplikasi PCMark for Android. Sedangkan HTC mampu bertahan hingga 4 jam 17 menit, padahal ukuran layarnya lebih kecil. Pengujian melalui PCMark for Android ini Kami lakukan dengan memaksimalkan tingkat brightness dan Wi-Fi dalam kondisi aktif.

 Galaxy Note 5One M9+
Antutu Benchmark 5.77078050282
Quadrant Standard 2.13517926384
NeNaMark259.9 fps60 fps
GeekBench 3 - Single Core1388977
GeekBench 3-Multi Core45002399

Kamera

HTC One M9+ menggunakan dua lensa pada kamera belakangnya. Keduanya memiliki fungsi berbeda, satu kamera dengan resolusi 20,1 MP bertugas menangkap objek untuk menghasilkan kejernihan dan ketajaman gambar, sedangkan lensa kedua dengan resolusi 2,1 MP melakukan deep of field. Pengguna bisa mengaktifkan kedua lensa tersebut atau pun hanya lensa pertama saja. Sayangnya HTC One M9+ minim dalam menyediakan pilihan pengaturan. Kamera utama mampu merekam video hingga resolusi 4K (3840 x 2176).

Kamera Samsung Galaxy Note 5 memiliki resolusi 16 MP pada kamera utama. Di sini pilihan lebih beragam dan pengguna bisa menggunakan pengaturan manual atau pun berdasarkan skema. Terdapat pilihan skema hingga 9 skema dan pengguna bisa menambahkannya dengan mengunduh konten melalui tautan yang disediakan.

Hasil jepretan pada kondisi outdoor di bawah terik matahari mampu ditangkap kedua smartphone dengan baik. Meski terlihat pula bahwa hasil tangkapan gambar dari kamera HTC cenderung lebih gelap. Pada mode makro, kedua kamera belakang mampu menghasilkan gambar serta detail yang tajam. Untuk melihat perbedaannya secara langsung, kedua foto makro Kami pindahkan ke layar komputer dan membandingkannya. Dari sini terlihat foto makro kamera Samsung terlihat lebih terang dan tajam sedangkan kamera HTC cenderung agak redup.

Multimedia

Urusan multimedia juga menjadi nilai penting bagi dua smartphone ini. Meski tidak menggunakan chip audio tambahan, Samsung Galaxy Note 5 mengandalkan kemampuan Software dengan menyediakan pengaturan untuk mengaktifkan fitur SoundAlive. Dengannya, Anda bisa mendapatkan keluaran suara musik yang disesuaikan dengan selera telinga Anda. Selain pengaturan manual, Anda juga akan mendapatkan pilihan 4 mode preset serta 7 pengaturan equalizer. Keluaran suara menggunakan speaker internal terdengar kencang dan agak pecah dalam kondisi volume maksimal sehingga Anda masih bisa mendengarnya di keramaian.
audio_galaxy-note5_vs_htc-one-m9+
HTC One M9+ menyertakan fitur HTC BoomSound yang dipadu dengan teknologi Dolby Audio. Meski keluaran suara dari speaker internal masih kalah kencang dengan milik Samsung, namun hasil audionya masih lebih nyaman di telinga. Untuk fitur ini, Anda bisa menggantinya ke dua pilihan yaitu Theater Mode dan Music Mode. Saat menggunakan earphone, otomatis pengaturan akan berubah dan menyediakan empat pilihan.

Untuk konten video, keduanya memiliki layar dengan resolusi 2K sehingga cukup nyaman dan tajam saat menjalankan berbagai format video yang didukungnya. Yang menarik, pada Samsung Galaxy Note 5, Anda bisa menjalankan video dalam format picture-in-picture. Format ini akan menampilkan video yang sedang dimainkan dalam layar berukuran kecil sehingga Anda bisa mengaktifkan fungsi lain yang tampil dalam latar belakang smartphone.

Sedangkan pada HTC One M9+, keunggulan yang dimilikinya adalah menyediakan fitur untuk menangkap gambar dengan adanya tombol virtual screenshot saat menjalankan format video. Tidak ketinggalan pula fitur penyuntingan video secara instan. Jika Anda memiliki video, pada Gallery akan langsung disediakan pilihan untuk menambahkan berbagai konten seperti lagu latar, teks, ataupun gambar pendukung. Hal ini akan membuat tampilan video menjadi lebih menarik.

Daya Saing

HTC One M9+ menawarkan desain serta kinerja tangguh untuk sebuah smartphone kelas premium. Selain itu fitur dual kamera di bagian belakang menjadi salah satu keunggulan yang memikat. Sayangnya, hal tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Padahal dengan kisaran harga yang sama (atau terpaut sedikit), Samsung Galaxy Note 5 menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini juga terlihat pada pengujian melalui aplikasi Benchmark yang Kami lakukan. Belum lagi fitur-fitur lain di Samsung Galaxy Note 5 yang lebih beragam. Hal inilah yang membuat HTC One M9+ ‘agak berat’ bersaing dengan Samsung Galaxy Note 5. Jika saja harga jualnya di bawah itu, HTC One M9+ akan mampu bertahan bersaing dengan kompetitornya.

Sebagai informasi tambahan, saat peluncuran resminya, kedua smartphone ini ditawarkan dengan harga yang sama yaitu Rp 9.999.000. Dan masing-masing memberikan berbagai penawaran yang berbeda. Namun saat Teknovaganza jumpai harga di pasaran, ternyata HTC One M9+ sedikit turun di kisaran 9 juta. Sedangkan harga Samsung Galaxy Note 5 meskipun tidak mengalami penurunan, namun hadir dengan berbagai bonus menarik sebagai daya tariknya.

Galaxy Note 5
One M9+